Apa Itu Upholstery?

kali ini admin membagikan sebuah cerita tentang upholstery, dalam hal ini mahasiswa Desain Furnitur berkunjung ke sebuah perusahaan di karang jati Kabupaten Semarang (Vina Arya Furniture)

Upholstery adalah

PERNAH kah kalian mendengar istilah upholstery/Jok pelapis? Dalam bahasa Inggris kata tersebut berarti bahan pelapis. Heran juga mengapa istilah ini tidak punya padanan kata dalam bahasa Indonesia. Padahal bendanya sendiri sangat akrab dikenal di sini.

Beberapa macam perabot

yang biasa ada dalam rumah seringkali memiliki pelapis dari bahan kain, kulit, atau kulit sintetis (seperti vinyl). Sofa, misalnya, biasanya terbuat dari rangka kayu atau besi yang diberi busa sebagai bantalan atau pengempuk. Busa ini kemudian dibungkus oleh pelapis.

Contoh lainnya

misalnya kursi makan atau arm chair (kursi berlengan) yang terbuat dari kayu, seringkali bagian tempat duduknya diberi bantalan yang dibungkus pelapis. Pelapis inilah yang disebut upholstery.

bahan upholstery sangat beragam

bisa kain pabrik, kain tenun, kulit, kulit sintentis, bulu, serat, plastik, bahkan bahan-bahan alami seperti eceng gondok atau tikar. Pilihan motif dan warna untuk kain juga sangat bervariasi. Anda bisa menggunakan upholstery sebagai penguat tema atau suasana ruangan secara keseluruhan. Misalnya, motif bunga-bunga kecil dengan sulur-sulur bisa memperkuat tema klasik, atau, motif kotak-kotak untuk memperkuat tema country.

Edit: Wira Sapta Dwi Saputra

Written by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *