Elemen-Elemen Nirmana

Judul Modul : Estetika Bentuk
4.1  KONSEPTUAL NIRMANA (ELEMEN-ELEMEN SENI)
 
4.2.1 ELEMEN TITIK
Adalah unsur visual yang ukurannya relatif kecil, tidak memiliki panjang atau lebar, dan pangkaL dari ujung sebuah garis atau bentuk yang akan dibangun.  

4.2.2 ELEMEN GARIS  
A. BENTUK BERUPA GARIS   Bila kita menyentuhkan alat gambar atau penggores yang lain dan berusaha menggerakkannya pada bidang maka akan meninggalkan bekas. Bekas itu disebut                           goresan atau garis. Garis yang dihasilkan dari menggores ini disebut garis nyata atau kaligrafi. Kalau kita menggambar benda atau suatu bentuk ruangan, kita selalu membatasinya dengan garis-garis, padahal di sana tidak ada garis. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan dua pengertian mengenai garis sebagai berikut: Suatu hasil goresan yang disebut garis nyata atau kaligrafiBatas atau limit suatu benda, batas sudut ruang, batas warna, bentuk massa, rangkaian massa dll, yang disebut garis semu atau maya.
4.2.2 ELEMEN GARIS
A. BENTUK BERUPA GARIS
 
Bila kita menyentuhkan alat gambar atau penggores yang lain dan berusaha menggerakkannya pada bidang maka akan meninggalkan bekas. Bekas itu disebut goresan atau garis. Garis yang dihasilkan dari menggores ini disebut garis nyata atau kaligrafi.
Kalau kita menggambar benda atau suatu bentuk ruangan, kita selalu membatasinya dengan garis-garis, padahal di sana tidak ada garis. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan dua pengertian mengenai garis sebagai berikut:
a.   Suatu hasil goresan yang disebut garis nyata atau kaligrafi
b.   Batas atau limit suatu benda, batas sudut ruang, batas warna, bentuk massa, rangkaian massa dll, yang disebut garis semu atau maya.
B. RAUT GARIS
 
Raut garis adalah ciri khas bentuk garis. Raut garis secara garis besar hanya terdiri dari dua macam, yaitu garis lurus dan garis bengkok atau lengkung. Namun, jika dirinci terdapat empat macam jenis garis. Garis lurus, garis lengkung, garis majemuk, garis gabungan.
Jenis Garis  
Garis lurus :
terdiri dari garis horizontal, diagonal, dan vertikal.  
Garis lengkung :
terdiri dari garis lengkung kubah, garis lengkung busur, dan lengkung
mengapung.
 
   
 
 
 
 
 
 
 
 


 
 
 

 

Written by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *