Alat dan Mesin yang Diperlukan Pada Industri Kayu

Apakah anda tertarik dengan bidang usaha kayu dan ingin memulai usaha tapi masih bingung menentukan dan menyediakan peralatan atau mesin apa saja yang dibutuhkan?
Dalam menyelesaikan pekerjaannya secara benar dan tepat waktu, seorang tukang kayu harus bisa membedakan, memahami dan mengetahui perkakas dan peralatan apa saja yang dibutuhkan serta akan digunakan untuk apa nantinya.
Ada tiga jenis kategori kelengkapan perkakas dan peralatan untuk tukang kayu yaitu: Peralatan tangan, Peralatan mesin Portable dan Peralatan mesin Stasioner.
Berikut kami berikan daftar perkakas dan peralatan untuk tukang kayu:

I. Peralatan Tangan

1. Meteran Roll

Digunakan untuk mengukur benda kerja yang lebih panjang. Gunakan meteran dengan pita yang terbuat dari baja supaya tahan lama. Dan bila tidak dipakai pita tersimpan di kotaknya.

clip_image004.jpg

2. Penggaris dan Pensil Tukang

Penggaris yang digunakan pilih dengan bahan baja atau stainless steel agar kuat dan tidak mudah patah, tahan lama. Untuk pensil biasanya menggunakan pensil khusus untuk tukang dengan bentuk arangnya lebih besar. Pensil dan penggaris digunakan untuk memberi tanda atau garis pada bidang-bidang kayu yang kecil sebagai tanda pemotongan atau pelubangan.

clip_image006.jpg

3. Penggaris Siku

Penggaris siku terbuat dari besi baja yang terdiri dari daun penggaris dan gagang. Gunakan bahan yang terbuat dari baja dan gagang lebih tebal dan lebih berat dari daun agar penggunaanya lebih mudah dan awet. Penggaris siku digunakan untuk memberi tanda atau garis agar dalam pemotongan kayu dapat membentuk sudut 90° dan saat pemasangan bisa lurus dan rapi.

clip_image010.jpg

4. Palu Kayu/Ganden

Palu kayu/ganden dipergunakan untuk merakit, membongkar konstruksi kayu dan menyetel pasak-pasak slop pada media kayu. Juga digunakan untuk memukul pahat agar ujung pahat tidak rusak. Biasanya terdiri dari 2 macam, yaitu palu kayu bulat dan bujur sangkar yang bentuknya lebih besar.

clip_image012.jpg

5. Palu Besi

clip_image014.jpg

Palu besi digunakan untuk pemasangan benda-benda keras ataupun untuk memukul paku. Gunakan palu yang kepala palu terbuat dari material baja agar awet tahan lama.

6. Pahat Tusuk

clip_image016.gif

Gunakan pahat tusuk yang memiliki pegangan dari kayu atau plastik yang kokoh dan ujungnya berbentuk pipih. Penggunaannya untuk membuat lubang, meratakan lubang atau pen. Untuk pemukulnya gunakan palu kayu agar gagang pahat tidak rusak.

7. Gergaji Kayu

clip_image018.jpg

Ada 2 jenis gergaji sesuai fungsi dan penggunaanya, yaitu : Gergaji potong dan gergaji belah. Gergaji potong digunakan untuk memotong atau memutus serat kayu. Mempunyai ciri sudut ketajaman 45° dan gilaran bolak-balik. Sedangkan gergaji belah digunakan untuk membelah kayu yang sejajar serat. Gergaji belah ada bentangnya dan mempunyai ciri ketajaman 60°.

II. Peralatan Mesin Portable

1. Bor Tangan Listrik multi guna (Drill)

clip_image020.jpg

Gunakan mesin bor listrik yang multi fungsi bisa untuk pengeboran kayu dan juga untuk beton, agar pemakaian lebih efektif dan dapat digunakan segala macam keperluan. Anda tinggal merubah atau mengganti mata bornya saja. Mata bor digunakan untuk kayu dan hammer untuk beton.

2. Mesin Ketam Tangan Listrik (Planer)

clip_image022.jpg

Kegunaannya adalah untuk memperbaiki kayu yang tidak rata karena penyusutan kayu tidak sama atau menghaluskan permukaan kayu.

3. Gergaji Tangan Listrik/Circular Saw

clip_image024.jpg

Kegunaannya untuk pemotongan kayu dengan permukaan yang lebar. Bisa digunakan diatas penampang meja maupun dibawah meja dengan membuatkan dudukan.

4. Mesin Amplas/Sander

clip_image026.jpg

Mesin amplas digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu / alat finishing.

5. Mesin Propil/Router

clip_image028.jpg

Digunakan untuk membentuk pola pada tepi kayu agar lebih rapi dan menarik.

III. Mesin Stasioner (Stationary)

Mesin stasioner sangat diperlukan terutama untuk pengetaman maupun pen-dimensian material kayu, serta memotong kayu dalam ukuran bersih dengan cepat dan akurat.

1. Mesin Scroll Saw

clip_image030.jpg

Digunakan untuk memotong dan membentuk pola pada bidang kerja. Mesin scroll saw dapat digunakan pada media kayu, triplek, ackrilik, plastic. Banyak digunakan pada industry mebel, kerajinan tangan/handcraft, aksesoris.

2. Circular Saw Fit Table/Table Saw

clip_image032.jpg

Digunakan untuk memotong dan membelah kayu. Untuk memotong kayu biasanya dilengkapi dengan bantuan mistar penghantar potong, sedangkan untuk membelah kayu dilengkapi dengan mistar penghantar belah.

3. Mesin Tatah Bobok/Mortising Chisel Machine

clip_image034.jpg

Digunakan untuk membuat lubang memanjang, lubang bulat atau lubang pen memanjang pada kayu yang digunakan sebagai lubang sambungan. Mesin tatah bobok juga sebagai pengganti tatah bobok tangan sehingga pekerjaan lebih cepat dan hasilnya lebih presisi.

4. Mesin Pasah Otomatis/ Automatic Planer

clip_image036.jpg

Berfungsi untuk mengerjakan perataan dan penghalusan permukaan kayu pada sisi memanjang atau melebar.

5. Mesin Wood Jointer

clip_image038.jpg

Digunakan untuk meratakan permukaan kayu dengan penampang yang panjang dan lebar. Pengetaman dengan jointer dihasilkan permukaan yang halus dan rata pada berbagai sisi, sehingga untuk penyambungan yang panjang dihasilkan sambungan yang lurus.

6. Mesin Band Saw

Mesin Band saw digunakan untuk memotong atau membelah kayu sesuai dengan ukuran dan bentuk yang akan dibuat. Ada beberapa jenis band saw sesuai dengan ukurannya.

a. Bandsaw potong kayu

Lebih banyak digunakan untuk memotong kayu dengan ukuran yang kecil-kecil.

clip_image040.jpg
b. Bandsaw belah kayu.

Digunakan untuk membelah kayu dengan ukuran yang besar-besar. Biasa digunakan pada industry pengolahan kayu baik perusahaan maupun perorangan. Mesin Band saw ini digerakkan dengan mesin diesel 24 Hp atau dengan electromotor.

clip_image042.jpg

Demikian sedikit penjelasan alat-alat dan mesin yang diperlukan pada tukang kayu dan industry kayu semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda. Mesin dan alat tersebut bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan intensitas pekerjaan anda. Untuk keperluan segala macam peralatan kayu

Written by

One thought on “Alat dan Mesin yang Diperlukan Pada Industri Kayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *