Macam Jenis Teknik Finishing Furnitur Kayu

Kali ini saya akan sharing hal baru yang saya dapatkan dari membaca karena ketertarikan saya pada design interior mengenai berbagai macam jenis teknik finishing pada sebuah furniture kayu. Finishing merupakan tahap akhir pada proses pembuatan furniture dimana permukaan furniture harus dilapisi agar terlihat lebih indah dan menarik. Hal ini mungkin dapat bermanfaat bagi anda yang masih awam dalam dunia furniture seperti saya dalam membeli atau memilih furniture untuk rumah anda. Terdapat tiga jenis teknik finishing furniture kayu yang saya ketahui diantaranya Melamine atau biasa disebut Melamik, kedua yaitu Duco atau orang biasa mencantumkan finishing duco dan ketiga yaitu Laminate atau laminasi.

1. Teknik Finishing Melamine atau Melamik

Teknik finishing ini dilakukan dengan menyemprotkan cairan melamine pada furniture. Sebelum dilakukan penyemprotan cairan melamine biasanya dilakukan dempul dan pengamplasan terlebih dahulu pada furniture kemudian setelah tahap tersebut selesai dilakukan penyemprotan campuran cairan tinner dan terakhir baru disemprotkan cairan melamine. Tampilan dari melamine pun dapat disesuaikan dengan keinginan apakah dibuat dof tidak terlihat mengkilat atau dibuat glossy yang terlihat mengkilat. Furniture yang menggunakan finishing melamine biasanya menggunakan bahan dasar kayu asli seperti kayu jati atau kayu solid. Tujuan dari finishing melamine sendiri yaitu untuk mendapatkan natural kayu, bisa memilih variasi warna kayu atau transparan yang langsung melihatkan serat kayu dari bahan dasar langsung. Tampilan dari furniture yang menggunakan teknik finishing melamine akan terlihat natural, elegan dan hangat.

2. Teknik Finishing Duco

Teknik finishing cat duco ini dilakukan dengan menggunakan bahan sesuai judulnya yaitu cat duco. Tahapan proses pengecatan cat duco hampir sama dengan teknik finishing melamine yaitu menggunakan semprot atau sparygun dengan kompresor hanya saja waktu yang diperlukan sedikit lama. Konsep dari cat duco sendiri hampir sama dengan cat polos yang biasa anda jumpai seperti pada cat mobil dimana warna yang dihadirkan seperti warna solid atau warna polos, metalik yang tampilannya sama bisa dibuat dof atau glossy. Karena teknik finishing cat duco hampir sama seperti pengecatan mobil membuat warna yang polos sehingga proses pengecatan yang terdiri dari beberapa tahap dan layer semprotan akan membuat serat kayu dari bahan dasar akan tertutupi. Jadi finishing cat duco akan menampilkan warna polos yang cerah sehingga terkesan minimalis, bersih, terang dan mewah.

3. Teknik Finishing Laminate

Teknik finishing terakhir ini dilakukan dengan menggunakan lapisan tipis pada permukaan bahan dasar furniture. Terdapat berbagai macam material laminasi yang ada tetapi yang paling banyak digunakan pada furniture saat ini yaitu HPL atau High Pressure Laminate. Berbeda dengan dua teknik finishing di atas, teknik finishing laminate prosesnya sangat mudah dan cepat hanya dengan melekatkan lapisan laminasi dengan lem kemudian menekannya dengan press. Bahan dasar yang digunakan untuk furniture yang menggunakan teknik finishing laminate biasanya terbuat dari bahan yang lebih murah seperti MDF atau Pratikel Board. Laminte sendiri memiliki berbagai macam varian motif dan warna dari motif solid, metalik, motif kayu, dll. Furniture yang difinishing dengan teknik laminate akan menampilkan kesan yang modern dan minimalis.

Ketiga teknik finishing di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, untuk teknik finishing melamine saat ini mulai berkurang dikarenakan bahan baku kayu yang sangat sulit didapat dan harganya yang sangat mahal. Teknik finishing cat duco saat ini masih banyak digunakan tetapi teknik finishing HPL menjadi yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Hal ini dikarenakan bahan HPL yang relatif murah dan banyak motif serta proses pemasangannya yang gampang.

Written by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *