Profil Studi Desain Furnitur

Sejarah Program Studi Desain Furnitur

Pembentukan Program Studi Desain Furnitur berdasarkan Keputusan Menteri Penelitian, Teknologi Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (KEMENRISTEKDIKTI) Nomor 538/KPT/I/2018 Tentang Izin Pembukaan Program Studi dalam Rangka Pendirian Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu di Kabupaten Kendal yang Diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian. Tiga program studi yang disetujui untuk diadakan antara lain Teknik Produksi Furnitur, Desain Furnitur, dan Manajemen dan Bisnis Furnitur.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 10 tentang rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi, bahwa program studi Desain Furnitur merupakan tergolong dalam rumpun ilmu terapan. Selanjutnya, dalam Keputusan Menristekdikti Nomor 257/M/KPT/2017 tentang Nama program studi pada perguruan tinggi, desain furnitur bisa digolongkan dalam rumpun ilmu terapan kemudian masuk ke dalam ilmu arsitektur, desain dan perencanaan lalu sub rumpun ilmu desain.

Desain furnitur merupakan bagian dari desain produk yang merupakan rumpun ilmu terapan dan sub rumpun ilmu desain. Apabila desain produk menuju ke material atau produk tertentu bisa ditambahkan dengan konsentrasi semisal desain furnitur. Pengertian desain produk itu sendiri merupakan proses menciptakan/merencanakan produk baru yang akan dijual oleh individu, perusahaan untuk konsumenya. Hasilnya berupa gambar rencana (desain) yang mengarah ke produk-produk baru dengan pengembangan ide-ide yang efektif dan efisien, serta prototype dari produk yang dihasilkan. Sebuah desain produk merupakan penggabungan seni dan teknologi agar tercipta produk baru yang nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dalam hal ini terkait dengan produk furnitur.

Profil Singkat

Program Studi Desain Furnitur adalah salah satu program studi pada Polifurneka dan satu-satunya yang ada di indonesia. Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu sebagai salah satu penyelenggara pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi di bawah Kementrian Perindustrian, saat ini terus menerus melakukan berbagai usaha untuk menghasilkan tenaga kerja industri yang kompeten dibidangnya. 

Target Kompetensi Program Studi Desain Furnitur

Target Kompetensi Kerja mahasiswa setelah menjalani masa perkuliahan: Mampu membuat rancangan desain furnitur multifungsi dengan kombinasi bahan dan membuat prototype.

TAHUN I

SEBAGAI DRAFTER, mampu mampu membuat gambar bentuk, gambar teknik, menggunakan aplikasi CAD 2 D, mengetahui konstruksi furnitur, ergonomi dan antropometri serta estetika bentuk.

TAHUN II

SEBAGAI ASISTEN DESAINER, Mampu membuat rancangan desain furnitur sederhana, membuat mock up dan membuat rancangan furnitur set untuk satu ruangan.

TAHUN III

SEBAGAI JUNIOR DESAINER, mampu merancang furnitur multifungsi dengan kombinasi bahan dan membuat prototype